Back

Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah kompetensi keahlian yang masuk dalam rumpun Teknologi Komputer dan Informatika. Pada kompetensi keahlian ini, keterampilan siswa akan lebih difokuskan kepada pengembangan software, keterampilan digital, dan pengembangan gim. dan pembelajaran PjBL (Project Base Learning)

HomeVocational ProgramsPengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)

Visi

Menjadi SMK dengan Kompetensi PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) yang mencetak programmer dan frelancer dengan level Asia Tenggara

Misi

Membekali siswa-siswi PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) dengan wawasan, pengetahuan, pengalaman, serta keahlian programming agar dapat menghasilkan karya dan portofolio yang diakui oleh industri teknologi informasi serta masyarakat publik

Skema KBM 3 Tahun PPLG

Detail Pembelajaran Produktif selama 3 Tahun PPLG di SMK Raden Umar Said Kudus sebagai berikut:

Mapel Produktif

Pembelajaran Dasar sampai Advance dari:

  • Dasar Pemrograman
  • Logika
  • Arsitektur
  • Function
  • Kondisi
  • Tipe Data
  • Operator
  • Object
  • Array
  • Map
  • Set
  • Flow Control
  • Conditional
  • Looping
  • Error Handling
  • Modularisasi
  • OOP

Mapel Produktif

Pembelajaran Dasar sampai Advance dari:​

  • Dasar Pemrograman
  • Logika
  • Arsitektur
  • Function
  • Kondisi
  • Tipe Data
  • Operator
  • Object
  • Array
  • Map
  • Set
  • Flow Control
  • Conditional
  • Looping
  • Error Handling
  • Modularisasi
  • OOP

Mapel Produktif

Pembelajaran Dasar sampai Advance dari:​

  • Pemrograman
  • Logika
  • Arsitektur
  • Function
  • Kondisi
  • Tipe Data
  • Operator
  • Object
  • Array
  • Map
  • Set
  • Flow Control
  • Conditional
  • Looping
  • Error Handling
  • Modularisasi
  • OOP

Pelaksanaan Tugas Akhir (Project)

Peserta Didik membentuk tim.
Membuat Tugas Akhir berupa pembuatan Project yang berupa Aplikasi Desktop, Web dan Mobile. Serta bisa membuat project berbasis AR/VR.

  • Identifikasi masalah

  • Analisis kebutuhan

  • Desain dan arsitektur sistem (Flow Diagram, UI/UX, ERD)

  • Pengembangan dan implementasi sistem

  • Testing dan

  • Uji Coba (Deployment)

Pelaksanaan Tugas Akhir (Project) dan
Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)

Guru Mapel Kejuruan maupun Guru Mapel Umum melaksanakan sistem blok sebagai pembimbing dalam pembuatan tugas akhir. Pembuatan tugas akhir merupakan pembelajaran berbasis proyek secara berkelompok sebagai lanjutan dari induksi project yang telah dikerjakan sebelumnya. Siswa bekerjasama dalam tim kecil untuk mengimplementasikan sebuah sistem dari dokumen perancangan induksi yang telah dibuat sebelumnya dengan target sistem bisa memudahkan proses bisnis dari studi kasus yang telah dianalisa.

Uji Kompetensi Keahlian PPLG dilaksanakan dengan metode uji produk dan presentasi produk didepan penguji internal (sekolah) dan penguji eksternal (praktisi industri). setiap kelompok wajib menyelesaikan produk berupa sistem/program dari studi kasus yang telah dirancang. hasil dari uji produk dan presentasi akan mendapatkan kurasi, penilaian, serta masukan dan rekomendasi kelayakan pakai oleh praktisi industri

  • Identifikasi masalah

  • Analisis kebutuhan

  • Desain dan arsitektur sistem (Flow Diagram, UI/UX, ERD)

  • Pengembangan dan implementasi sistem

  • Testing dan

  • Uji Coba (Deployment)

Pelaksanaan Magang (Internship)

Pola pembelajaran jurusan PPLG melaksanakan pembelajaran berbasis real project dari industri selama 6 bulan.
Dan bisa dilaksanakan secara onsite ataupun remote.

Tenaga Pengajar

Program Keahlian PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim)

Muhammad Fahmi Irsyad, S.Kom
Kepala Program Keahlian PPLG
Agus Hamdun, A.Md.Kom
Kepala Bengkel PPLG
Abdul Jamil, M.Pd
Guru Produktif PPLG
Aji Suryawan, S.Kom.
Guru Produktif PPLG
Dwi Janto, S.Pd.
Guru Produktif PPLG
Ryandhika Bintang Abiyyi
Guru Produktif PPLG

LIHAT LEBIH DETAIL

TENTANG PPLG (PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM)


Tentang PPLG 2024 oleh Muhammad Fahmi Irsyad, S.Kom

en_USEN