Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah kompetensi keahlian yang masuk dalam rumpun Teknologi Komputer dan Informatika. Pada kompetensi keahlian ini, keterampilan siswa akan lebih difokuskan kepada pengembangan software, keterampilan digital, dan pengembangan gim. dan pembelajaran PjBL (Project Base Learning)
Visi
Menjadi SMK dengan Kompetensi PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) yang mencetak programmer dan frelancer dengan level Asia Tenggara
Misi
Membekali siswa-siswi PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) dengan wawasan, pengetahuan, pengalaman, serta keahlian programming agar dapat menghasilkan karya dan portofolio yang diakui oleh industri teknologi informasi serta masyarakat publik
Skema KBM 3 Tahun PPLG
Detail Pembelajaran Produktif selama 3 Tahun PPLG di SMK Raden Umar Said Kudus sebagai berikut:
Mapel Produktif
Pembelajaran Dasar sampai Advance dari:
- Dasar Pemrograman
- Logika
- Arsitektur
- Function
- Kondisi
- Tipe Data
- Operator
- Object
- Array
- Map
- Set
- Flow Control
- Conditional
- Looping
- Error Handling
- Modularisasi
- OOP
Mapel Produktif
Pembelajaran Dasar sampai Advance dari:
- Dasar Pemrograman
- Logika
- Arsitektur
- Function
- Kondisi
- Tipe Data
- Operator
- Object
- Array
- Map
- Set
- Flow Control
- Conditional
- Looping
- Error Handling
- Modularisasi
- OOP
Mapel Produktif
Pembelajaran Dasar sampai Advance dari:
- Pemrograman
- Logika
- Arsitektur
- Function
- Kondisi
- Tipe Data
- Operator
- Object
- Array
- Map
- Set
- Flow Control
- Conditional
- Looping
- Error Handling
- Modularisasi
- OOP
Pelaksanaan Tugas Akhir (Project)
Peserta Didik membentuk tim.
Membuat Tugas Akhir berupa pembuatan Project yang berupa Aplikasi Desktop, Web dan Mobile. Serta bisa membuat project berbasis AR/VR.
Identifikasi masalah
Analisis kebutuhan
Desain dan arsitektur sistem (Flow Diagram, UI/UX, ERD)
Pengembangan dan implementasi sistem
Testing dan
Uji Coba (Deployment)
Pelaksanaan Tugas Akhir (Project) dan
Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)
Guru Mapel Kejuruan maupun Guru Mapel Umum melaksanakan sistem blok sebagai pembimbing dalam pembuatan tugas akhir. Pembuatan tugas akhir merupakan pembelajaran berbasis proyek secara berkelompok sebagai lanjutan dari induksi project yang telah dikerjakan sebelumnya. Siswa bekerjasama dalam tim kecil untuk mengimplementasikan sebuah sistem dari dokumen perancangan induksi yang telah dibuat sebelumnya dengan target sistem bisa memudahkan proses bisnis dari studi kasus yang telah dianalisa.
Uji Kompetensi Keahlian PPLG dilaksanakan dengan metode uji produk dan presentasi produk didepan penguji internal (sekolah) dan penguji eksternal (praktisi industri). setiap kelompok wajib menyelesaikan produk berupa sistem/program dari studi kasus yang telah dirancang. hasil dari uji produk dan presentasi akan mendapatkan kurasi, penilaian, serta masukan dan rekomendasi kelayakan pakai oleh praktisi industri
Identifikasi masalah
Analisis kebutuhan
Desain dan arsitektur sistem (Flow Diagram, UI/UX, ERD)
Pengembangan dan implementasi sistem
Testing dan
Uji Coba (Deployment)
LIHAT LEBIH DETAIL
TENTANG PPLG (PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM)
Tentang PPLG 2024 oleh Muhammad Fahmi Irsyad, S.Kom