Lewat Gelar Karya, Siswa SMK RUS di Kudus Unjuk Kreativitas

Kudus – Pada tanggal 25 s.d 27 September 2023, SMK Raden Umar Said Kudus mengadakan pameran gelar karya dalam rangka memenuhi tugas akhir jurusan DKV dan PPLG. Ada juga siswa kelas 10 dan 11 yang ikut meramaikan pameran tersebut dengan membuka stand untuk menjual produk mereka. Produk-produk tersebut juga dijual untuk para siswa maupun tamu yang datang. 

Pameran ini diadakan di depan studio RUS Animation, studio gedung baru, dan ruang UI/UX. Para murid menjual merchandise seperti gambar, lukisan, gantungan kunci, stiker, dan pin. Ada juga yang menjual makanan sembari memperlihatkan atau memamerkan desain kemasan produk makanan dan minuman, kemasan atau packaging punya banyak fungsi lain, Tidak hanya tampilan yang menarik dan lebih higienis, kemasan berguna untuk menjaga produk supaya tidak rusak secara bentuk maupun cita rasa saat pemberian.

Pak Agam Amintaha selaku Kepala Sekolah SMK Raden Umar Said mengatakan, bahwa pameran ini diadakan karena adanya program bantuan dari pemerintah, yaitu Program Bantuan SMK Pusat Keunggulan

“Pameran ini diadakan agar siswa bisa mengekspresikan diri membuat suatu karya yang dipamerkan. Ada juga pameran skill yang di mana siswa-siswi di sana melakukan live drawing yaitu menggambar secara langsung/dadakan di tempat yang disediakan. Ternyata ini juga membantu ekonomi siswa! Ada beberapa lukisan yang terjual dan hasil pameran siswa-siswi yang laku keras,” sambung Pak Agam.

“Acaranya berjalan lancar sesuai rencana. Antusias para siswa pun cukup bagus. Tujuan acara ini pun sederhana, kami berusaha mendorong minat dan bakat yang dimiliki oleh para siswa agar mereka lebih bisa mengekspresikan diri mereka,” komentar Bu Riska, salah satu guru di SMK RUS.

Pameran ini memiliki pendekatan unik, di mana semua siswa terlibat dan adik kelas yang ikut memamerkan karyanya. Mereka akan menjelaskan latar belakang, cara kerja, hingga manfaat produknya kepada para pengunjung. 

Salah seorang siswa, Hilmi Indra Setiawan mengatakan bahwa hasil karya tugas akhir ini dibebaskan sesuai kreativitas siswa. “Dari konsep awal siswa yang mengontrol penuh untuk ide produk yang dibuat. Saya sangat senang adanya pameran ini yang di khususkan juga untuk pameran tugas akhir jurusan Produksi Grafika, Desain Grafika, dan RPL. Senang sekali mendapat atensi dari murid SMK Raden Umar Said dan juga tamu yang ingin melihat tugas akhir kita semua.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *