Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2023/2024

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang disingkat menjadi MPLS adalah program penyambutan siswa-siswi baru sebelum proses kegiatan belajar-mengajar dimulai. Program ini diberlakukan agar siswa-siswi dapat beradaptasi dalam lingkungan dan sistem belajar-mengajar sekolah baru mereka, yang berarti semua siswa-siswi baru harus mengikuti kegiatan tersebut.


Kudus – Dalam rangka memperkenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah, SMK Raden Umar Said melaksanakan kegiatan MPLS pada tanggal 17 s.d. 22 Juli 2023. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak sekolah dan diatur langsung oleh para guru sebagai pengawas, juga koordinator acara yang dibantu anggota OSIS sebagai kakak pembina. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh peserta didik baru dari program keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), Animasi (3D dan 2D), serta Desain Komunikasi Visual (DKV Teknik Grafika dan DKV Desain Grafis) sebagai peserta MPLS. 

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan MPLS yang dibuka langsung oleh Bapak Kepala Sekolah, Bapak Agam Amintaha dan diikuti oleh para guru beserta seluruh peserta didik SMK RUS. Selain itu, pada hari Senin dan Selasa yang masih merupakan acara Pra MPLS, para siswa baru diberikan arahan terkait persiapan pelaksanaan MPLS dan juga pembagian kelompok masing-masing. Sekolah diliburkan pada hari Rabu karena merupakan tanggal merah sehingga kegiatan MPLS baru berlanjut pada hari Kamis. Di hari Kamis, para siswa diberi materi terkait pembelajaran dan sistem sekolah seperti visi-misi sekolah, tata tertib, ekstrakurikuler, sarana prasarana dan berbagai macam hal lain yang perlu diketahui siswa baru. Pada hari Jumat, kegiatan dilakukan dengan lebih santai, para siswa diajak jalan sehat di sekitar sekolah dan memainkan berbagai macam games yang sudah disiapkan sebelum melanjutkan tour lingkungan sekolah. Untuk hari terakhir, para siswa mendapat bimbingan seputar jurusan yang mereka pilih. Bimbingan ini dilaksanakan di ruang tribun untuk PPLG, ruang konsep untuk Animasi, ruang karpet untuk Desain Grafis, dan ruang aula untuk Teknik Grafika.

“Saya masuk ke sini karena saya ingin meningkatkan minat dan bakat saya. Di sini menurut saya merupakan tempat yang tepat karena sekolah ini menyediakan fasilitas yang lengkap, sistem pembelajarannya juga tidak seperti sekolah-sekolah lain” ucap Satria, salah satu murid baru di SMK RUS (7/22/2023).

Tidak hanya murid yang menyampaikan kesan dan pesan, salah satu wali murid bernama Bu Titi dari kelas 11 jurusan Animasi menyampaikan rasa syukur dan pujian untuk SMK RUS, “Saya sangat bangga karena di SMK Raden Umar Said ini sangat memfasilitasi sesuai passion anak saya untuk belajar. Dia juga bisa mengejar mimpinya sebagai modelling character. Alhamdulillah anak saya selama bersekolah di sini telah dididik dengan baik dan bisa lebih mandiri.” ucap Bu Titi.

“Untuk tahun ini OSIS dan MPK hanya membantu dalam pelaksanaannya dan menjadi pembina saja, selebihnya di koordinasi oleh guru-guru. Untuk suasana MPLS sendiri, tahun ini lebih seru dari tahun lalu karena para adik kelas lebih bisa mendekatkan diri ke kakak kelas daripada tahun lalu.” komentar Asyella selaku salah satu panitia MPLS.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah berjalan dengan lancar atas kerja sama dari seluruh panitia. Kegiatan MPLS memberikan banyak kesan yang menyenangkan kepada seluruh peserta didik baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *