SMK RUS sebagai Tuan Rumah Perlombaan 3D Game Art dan Graphic Design Technology

     Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. Lomba ini juga merupakan sebuah event yang menggemakan dunia SMK ke seluruh masyarakat Indonesia. Melalui rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh wilayah Indonesia. Pemenang LKS tingkat Provinsi ini akan mewakili Provinsi Jawa Tengah ke ajang LKS SMK Tingkat Nasional. 


Kudus – LKS Provinsi Jawa Tengah diselenggarakan pada tanggal 29-31 Mei 2023. Untuk tahun ini, SMK Raden Umar Said menjadi tuan rumah untuk acara opening dan closing LKS tingkat provinsi ke-31 serta menjadi tuan rumah untuk dua jenis mata lomba kejuruan.

     Ada 54 mata lomba pada ajang LKS tahun ini, SMK RUS mendapat kesempatan menjadi tuan rumah lomba kejuruan teknik perancangan 3 Dimensi (3D Game Art) yang bertempat di ruang UI & UX dan Teknik Desain Grafis (Graphic Design Technology) yang bertempat di ruang konsep. Untuk masing-masing lomba akan diikuti oleh 15-30 orang peserta.

     Pak Fariduddin, S.Sn., selaku salah satu panitia LKS tingkat provinsi mengungkapkan, bahwa tema LKS Jawa Tengah ke-31 ini adalah “Budaya Prestasi Menguatkan Jateng Vokasi”. Sedangkan untuk target yang ingin dicapai yaitu mempertahankan Jawa Tengah menjadi juara umum LKS tingkat nasional seperti beberapa tahun terakhir. Ada 3 juri di setiap mata lomba, yaitu seorang juri pusat/nasional dan 2 juri daerah/industri yang telah disepakati peserta di awal saat melaksanakan technical meeting.

    “Tahun ini kita menjadi tuan rumah karena dianggap mampu dari segi IT, audio, dan multimedia karena kegiatan LKS ini nantinya tidak akan dilaksanakan secara offline saja, namun juga akan dilaksanakan secara online/daring.”, jelas Pak Farid.

    “Kami mengundang beberapa tokoh penting, yaitu Pak Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, Pak Wadani selaku Direktur SMK, Bu Kiki selaku Direktur Vokasi, dan tentunya dari Dinas Pendidikan, yaitu Ibu Uswatun selaku Kepala Dinas Pendidikan. Selain itu, kami juga mengundang lima orang peserta per-kabupaten dan cabang dinas daerah untuk mengikuti acara ini.”, kata Pak Arif Jauhari selaku ketua panitia acara di SMK RUS.

     RUS tidak hanya menjadi tuan rumah LKS Tahun ini, siswa bernama Jonathan Pratama mewakili sekolah pada ajang LKS ini. Ia mampu bertahan dan berhasil menjuarai perlombaan pada mata lomba 3D Game Art. Karakter game 3D yang dibuat berupa konsep dan sketsa dari panitia di mana semua peserta berusaha membuatnya kembali dalam bentuk 3D semirip mungkin. Pose dari karakter dibebaskan dan merupakan imajinasi dari peserta lomba yang disesuaikan dengan karakter villain atau hero. Meski ada beberapa kendala atau kesulitan saat mengerjakan, ia berhasil mengharumkan nama sekolah lewat perlombaan ini.

“Ngerasa seneng pasti, tapi disamping itu tanggung jawab juga makin besar karena ada perlombaan nasional di depan mata.”, ungkap Jonathan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *